social media

lazy loader

class="tr_bq"> Sumber: http://cyiberart.blogspot.com/2012/08/cara-meringankan-beban-blog-dengan-lazy.html#ixzz2ERT4Zsn3

hamster

Sumber: http://cyiberart.blogspot.com/2012/08/pasang-peliharaan-lucu-di-blog-sobat.html#ixzz2ERRvvhv9

pelangi

salju

search

clock

Powered By Blogger

Translate

song

animation

kursor

cursor

Tentang Daerah Saya

Image result 





MOJOKERTO sebuah kabupaten kecil di Provinsi Jawa Timur,Indonesia. Mungkin bagi sebagian orang daerah ini merupakan sebuah kabupaten yang sangat asing di telinga mereka. Tetapi bagi saya Mojokerto adalah sebuah derah/kabupaten kecil dimana sebuah asa,sebuah harapan dan sebuah cita cita besar mulai tumbuh. Mojokerto resmi berdiri pada 9 Mei 1293,723 Tahun yang lalu. Kabupaten Mojokerto terdiri dari  18 kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten mojokerto. Daerah ini letaknya cukup strategis hanya berjarak 50 KM dari pusat Ibukota Provinsi Jawa Timur yaitu Kota Surabaya. Mojokerto juga mempunyai beberapa obyek wisata yang cukup memanjakan mata dan cukup untuk menghilangkan kejenuhan disaat banyak masalah di dalam rutinitas keseharian yang dijalani.

Selain itu Mojokerto juga menjadi tempat bersejarah yang cukup terkenal di indonesia,bahkan di seluruh jagat raya. yaitu pusat kerajaan serta peninggalan budaya berupa cagar budaya,candi.museum yang terletek di Kecamatan Trowulan,Kabupaten Mojokerto. berikut ini saya sebagai warga Mojokerto akan menyampaikan beberapa wisata yang dapat dikunjungi  di Mojokerto.
Image result for museum balai purbakala mojokerto
1. Balai Museum Pelestarian Purbakala.
Balai museum purbakala adalah tempat pelestarian barang barang peninggalan pada zaman kejayaan kerajaan Majapahit. Museum ini beralamat di Jalan Mojopahit, No. 141-143, Kecamatan Trowulan,KabupatenMojoketo.
wisata-mojokerto,-Candi-Bajang-Ratu
2. Candi Bajang Ratu.
Candi Bajang Ratu adalah salah satu peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Temon,Kecamatan Trowulan,Kabupaten Mojokerto.  candi ini juga dilengkapi hamparan rumput yang dapat menyamankan pengunjung atau hanya sebatas untuk dijadikan obyek foto yang menarik.
Kolam Segaran Di Mojokerto
3. Kolam Segaran
Kolam Segaran adalah salah satu situs peninggalan yang terletak di Desa Segaran Kecaman Trowulan Kabupaten Mojokerto. Dahulu konon pada masa kejayaan kerajaan Majapahit Kolam Segaran merupakan kolam terbesar di indonesia. disini juga banyak ditemukan banyak barang kuno berupa piring,gelas peralatan lain yang terbuat dari emas. karena konon saat itu kolam segaran juga merupakan tempat untuk pemandian putri kerajaan dan juga saat runtuhnya kerajaan majapahit semua barang tinggalan yang berharga telah ditenggelamkan di Kolam tersebut.
tempat wisat buatan di mojokerto
4. Pemandian Ubalan Pacet
Pemandian Ubalan Pacet terletak di desa Padusan,Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. terdapat 2 kolam air bersumber air panas dan dingin. wisata ubalan pacet merupakan wisata yang cukup ramai diminati pengunjung saat akhir pekan.
Image result for air terjun coban canggu
5. Air Terjun Coban Canggu
Air terjun Coban Canggu terletak di Desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Air terjun yang berketinggian 70 meter ini adalah wisata yang sangat tepat untuk memanjakan mata. karena suasana yang asri  disini dapat merefresh pikiran anda dari kesibukan yang anda jalani.


Mojokerto juga mempunyai tradisi budaya serta makanan yang khas. yaitu untuk kebudayaan Mojokerto memiliki khas yaitu Seni Bantengan serta untuk makanan khas Mojokerto memiliki Onde Onde yang sesuai dengan julukan Mojokerto yang dijuluki dengan Kota Onde-Onde.


Seni Bantengan Adalah kesenian rakyat tradisional yang terdapat di Mojokerto yang berasal dari Desa Made,Kecamatan Pacet yaitu sebuah desa kecil yang terletak dekat dengan lereng gunung Welirang. Konon katanya di desa Made adalah kawasan hutan,disana banyak hidup hewan liar termasuk diantaranya Banteng. Ketika itu, seorang penduduk desa Made,kecamatan Pacet yang bernama Paimin sedang  memasuki hutan dan menemukan kerangka Banteng di dalam hutan. Kerangka Banteng itu kemudian dia bawa pulang ke rumahnya. Setelah kejadian itu Paimin ingin agar penemuan nya dikenang.  Kemudian dia berinisiatif bahwa kerangka Banteng itu digunakan sebagai lata untuk memainkan budaya tradisional.Kemudian itu dimainkan oleh 2 orang,untuk meramaikan atraksi bantengan tsb maka paimin mempunyai ide untuk melengkapi atraksi bantengan dengan tabuhan tanjidor,kendang dan sejumlah alat yang di pakai persis di Atraksi Kuda Lumping.

Krupuk Rambak dihasilkan oleh Home industri terbanyak di Desa Doman,Trowulan. dan Juga di desa Kauman Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Krupuk Rambak terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan/Dijemur,kemudian Digoreng. Rambak sangat disukai warga karena rasanya yang enak dan gurih.

Onde-onde adalah makanan/kue khas Mojokerto yang terbuat dari tepung ketan kemudian dalamnya di isi kacang hijau. Kue onde-onde ini berbentuk bulat dan dilapisi wijen pada bagian luarnya. kemudian digoreng hingga matang. makanan ini sangat enak dihidangkan saat masih hangat.
Demikian adalah sebagian tentang Wisata,Budaya,Makanan Khas yang berasal dari daerah saya yang paling banyak diminati….

Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar