social media

lazy loader

class="tr_bq"> Sumber: http://cyiberart.blogspot.com/2012/08/cara-meringankan-beban-blog-dengan-lazy.html#ixzz2ERT4Zsn3

hamster

Sumber: http://cyiberart.blogspot.com/2012/08/pasang-peliharaan-lucu-di-blog-sobat.html#ixzz2ERRvvhv9

pelangi

salju

search

clock

Powered By Blogger

Translate

song

animation

kursor

cursor

Tentang Jurusanku

Image result for review jurusan ilmu dan teknologi pangan 



Ilmu dan Teknologi Pangan adalah aplikasi dari ilmu pangan untuk penyortiran,pengawetan,pemrosesan, pengemasan dan penggunaan bahan pangan yang aman dan bernutrisi,Serta mutu makanan yang terjamin halal dan bermutu tinggi. Dahulu sebelum ditemukan jurusan ilmu dan teknologi pangan seorang ahli bernama Nicolas Appert telah menemukan cara untuk pengemasan dalam kaleng yang masih sederhana. namun setelah itu seiring dengan perkembangan zaman seorang ahli bernama Luis Pasteur berhasil menemukan sebuah penemuan baru melalui riset penelitian  nya untuk mencegah kerusakan fermentasi anggur akibat mikroba, dia  memulai meletakkan dasar-dasar teknologi pangan dalam pengemasan dan pengolahan teknologi yang lebih canggih. Kemudian penemuan ini dinamakan dengan pasteurisasi, Louis Pasteur berhasil menerapkan penemuanya untuk membunuh mikroba pada susu melalui pemanasan tanpa banyak merubah sifat susu yang asli. Sejak saat  itu mulai banyak ditemukan beberapa metode pengolahan makanan yang semakin memperkaya Pengolahan teknologi pangan dalam konsep yang semakin modern dan praktis. Salah satu contoh metode nya adalah pemadatan bahan makanan yang bisa diolah menjadi minuman hanya dengan diseduh seperti pada produk susu bubuk (Dancow,Enenergen dll). Dengan demikian susu menjadi mudah dikemas dan lebih praktis untuk dibawa bekal kemana mana.

Hal hal yang dipelajarai dalam jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan akan saya sebutkan seperti di bawah ini antara lain,yaitu:
1. Rekayasa Proses Pangan
2. Mikrobiologi dan Keamanan Pangan
3. Ilmu Pangan dan Gizi
4. Manajemen Industri Pangan
5. Pengemasan Pangan
6. Pengeringan dan Pendinginan
7. Teknologi Pembuatan Teh, Kopi dan Coklat
8. Teknologi Minyak Atsiri, Rempah dan Obat
9.  Teknologi Fermentasi
10. Bioteknologi Pangan
11. Mikrobiologi Pangan dan Enzimonologi.
12. Manajemen Pangan Aman,Sehat dan Halal

Beberapa dasar mata pelajaran yang dipelajaran dasar sebgai acuan dalam jurusan ini lebih mengutamakan pada ilmu ekstak/Sains yang mengarah ke pelajaran Kimia,Biologi,Fisika,Matematika.  Jika berbicara tentang prospek kerja tentang jurusan ITP maka bidang nya sangat luas diantara lain bisa bekerja di pabrik ataupun indudtri makanan yang bertugas sebagai Food and Quality Control (Pengecek mutu makanan) contohnya seperti di Unilever,Indofood,Bogasri,pebrik Kue  seperti biskuit dll. serta juga bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti BPOM.  Juga bisa menjadi bagian pengembangan produk dan juga marketing.  Namun bagi yang mempunyai minat (passion) kuat di bidang makanan, kesehatan, sains, dan biologi, dan ingin hidup dan bekerja dengan tenang, tidak suka stress karena dikejar-kejar target, ITP bisa menjadi pilihan yang  sangat tepat. Dengan memiliki modal yang cukup dan berjiwa bisnis maka bisa menjadi pengusaha produk pengembangan makanan yang sehat,aman dan halal.  Tentu saja sikap dan etos kerja seorang pengusaha juga harus dimiliki dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh setelah lulus dari jurusan ITP.  Serta bisa juga untuk menjadi konsultan pangan dan gizi jika menjadi lulusan ITP dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Demikian adalah pandangan saya tentang jurusan yang sedang saya tekuni ini..


Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar